Warga Desak Pemerintah Segera Pulihkan Pendidikan dan Kesehatan di Wilayah Lembah Waa

TIMIKA, RPM – Warga tiga kampung yang bermukin di wilayah lembah Waa yaitu, Banti 1, Banti 2 dan Opitawak, Distrik Tembagapura mendesak Pemerintah Kabupaten Mimika untuk segera memulihkan pendidikan dan kesehatan di wilayah itu.

Kepala Kampung Banti 2, Deminus Natkime ketika ditemui Radio Publik Mimika, Rabu 8 September 2021 mengatakan, sejak warga tiga kampung kembali dari Timika pada Januari 2021 lalu, bangunan SD dan SMP yang telah dibangun kembali Pemkab Mimika pada 2019 lalu tidak difungsikan lantaran tidak ada guru.

“Kecewa lantaran tidak ada proses belajar mengajar, warga kemudian mengambil dinding papan sekolah untuk dijadikan kayu bakar dan hanya tersisa puing-puing dan atap sekolah. Untuk itu mewakili warga tiga kampung kami minta pemerintah bangun kembali sekolah dan rumah sakit,” kata Deminus.

Lebih lanjut Deminus mengatakan sebagian anak-anak dari tigak kampung telah disekolahkan di Sekolah Asrama Taruna Papua milik Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) di Timika. Sementara 200-an anak usia sekolah yang saat ini tingga di tiga kampung tidak mengenyam pendidikan lantaran tidak adanya fasilitas dan guru yang ditempatkan oleh dinas terkait.

Sementara itu terkait layanan kesehatan, Deminus mengakui semakin membaik lantaran Dinas Kesehatan telah menempatkan petugas kesehatan di kampung Banti 2 untuk melakukan pelayana pada pos pelayanan kesehatan yang saat ini menggunakan rumah guru.

“Saat ini untuk kesejatan sudah semakin bagus karena ada petugas yang ditempatkan di pos pelayanan kesehatan,” ujar Demianus.

Demianus menegaskan Pemkab Mimika harus segera memulihkan pendidikan dan kesehatan bagi warga tiga kampung di lembah Waa karena pendidikan dan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan mendesak. (Jim/RPM)


Hari Minggu, 19/09/2021, Pukul 12:10 WIT
Acara saat ini :
Warta Berita Nasional
Lihat Jadwal Program Lengkap